fbpx
men body
Kesehatan dan Fitness

6 Tips Cara Menurunkan Berat Badan Pria Tanpa Olahraga

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian setiap pria. Siapa sih pria yang tidak ingin memiliki tubuh ideal? Bukan hanya dapat menunjang penampilan, memiliki tubuh ideal juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Karena itu, banyak hal yang biasanya dilakukan agar mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satu caranya adalah dengan menurunkan berat badan. Hal ini lah yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan pria demi mencapai tubuh yang ideal. Salah satu cara menurunkan berat badan yang biasanya dilakukan yaitu dengan berolahraga. Jika kamu adalah tipe orang yang kurang menyukai olahraga tapi sedang ingin menurunkan berat badan, tenang, kamu masih bisa kok menurunkan berat badan tanpa olahraga. Menspire bakal kasih kamu 6 tips cara menurunkan berat badan pria tanpa olahraga.

 

1. Perbanyak Konsumsi Air Mineral

cara menurunkan berat badna pria

Minum air putih (via maranathaobf.blogspot.com)


Mulailah harimu dengan meminum 1-2 gelas air, yang hangat lebih baik. Riset membuktikan minum air saat pagi dapat membantu mengaktifkan sistem metabolisme sekaligus mengeliminasi toksin dari dalam tubuh.

Selain itu, dibanding jenis minuman lainnya, air putih juga bebas kalori. Dan karena minum air bisa membantu mengontrol rasa lapar, maka Anda disarankan minum 1 gelas air beberapa menit sebelum makan untuk mencegah konsumsi berlebihan.

Kalau bosan dengan rasa air yang tawar, Anda bisa menambahkan potongan lemon untuk menambah rasa dan kesegaran di dalamnya. Kamu juga bisa mengganti air dengan teh hijau yang berkhasiat untuk membantu penurunan berat badan.

2. Tentukan Target

cara menurunkan berat badan - target

tentukan target (via stmed.net)

Sebelum memulai dietmu, kamu harus menetapkan target yang realistis. Jangan terlalu berobsesi menurunkan berat badan secara cepat. 1 kilogram seminggu sudah cukup. Tetapkan pula target-target kecil seperti, tidak makan gorengan, tidak makan makanan cepat saji, dan lainnya.

3. Kurangi Jumlah Kalori yang Dikonsumsi

healthy food (via news-medical.net)

Berat badan yang kamu miliki sekarang merupakan cerminan dari jumlah kalori yang kamu konsumsi tiap hari. Karena itulah, untuk menurunkan berat badan, kamu juga harus mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi tiap hari. Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan asupan kalori adalah dengan mengonsumsi makanan nabati, buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Kamu juga bisa mengonsumsi susu khusus diet sebagai asupan pengganti makanan. Selain rendah kalori,  susu khusus diet juga sudah dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral sehingga merupakan pilihan yang lebih baik daripada tidak makan sama sekali. Susu diet juga dianggap lebih praktis untuk mengganti asupan sarapan dan makan malam di dalam menjalani program diet.

4. Konsumsi Lebih Banyak Protein

protein food ( via strengthwiki.com)

Meningkatkan jumlah protein dalam makanan kamu ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara mengurangi nafsu makan loh Gentlemen. Dengan mengonsumsi protein, perut akan terasa kenyang lebih lama karena waktu yang dibutuhkan tubuh manusia untuk mencerna protein lebih lama ketimbang makanan lain.

Sebuah studi selama 12 minggu menunjukkan bahwa menghadirkan protein sebanyak 30 persen dalam porsi makan dapat menurunkan jumlah makanan yang kita makan dalam sehari dan mengurangi 441 asupan kalori harian. Studi yang dirilis dalam American Journal of Clinical Nutrition itu juga menemukan, 20 remaja yang makan sarapan tinggi protein merasa kenyang lebih lama dan menurunkan kadar hormon tertentu yang merangsang rasa lapar.

5. Hindari Minuman Kemasan

no canned drink ( via caribbean360.com)

Walau tidak secara langsung meningkatkan berat badan, minuman kemasan seperti soda, jus, kopi, dan teh umumnya tinggi gula dan dapat menambah berat badan secara signifikan loh Gentlemen. Mengganti konsumsi minuman manis dengan air putih dapat mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan. Kesimpulan tersebut diungkapkan dalam sebuah studi dari Department of Human Nutrition, Foods and Exercise di Amerika Serikat yang melibatkan 24 dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas. Mereka diminta untuk mengganti semua minuman kemasan dengan air putih.

Hasilnya, peserta yang minum 500 ml air putih sebelum makan dapat menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi sebesar 13 persen. Termasuk meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 30 persen.

6. Bergerak Lebih Aktif

busy man ( via shutterstock.com)

Membakar kalori itu dapat dilakukan bukan hanya dengan olahraga saja. Menurunkan berat badan pria tanpa olahraga bukan berarti kamu bisa tidak bergerak sama sekali. kamu bisa membakar kalori hanya dengan melakukan kegiatan sehari hari dengan lebih aktif seperti: membersihkan rumah, mengajak hewan peliharaan jalan-jalan, bahkan menaiki tangga.  Menurut fisiologi olahraga dan pelatih pribadi di Northem, California yang dikutip Prevention.com, “Nyalakan musik, tambahkan semangat yang membara, dan nikmati pergerakan kamu.”

Contoh lain untuk bergerak lebih aktif: kamu juga bisa pergi membeli makanan atau keperluan sendiri tanpa meminta tolong pada orang lain, membawa barang belanjaanmu sebduru juga bisa menjadi olahraga ringan yang membakar kalori tanpa kamu sadari. Jika kamu harus pergi ke toilet, pilihlah toilet yang sedikit jauh, sama halnya dengan memilih parkiran dan tempat makan.

Begitu juga ketika Anda harus pergi ke lantai atas yang terdekat di suatu gedung, mungkin Anda bisa gunakan tangga sebagai alternatif dibandingkan lift.

Nah itu dia Gentlemen, 6 Tips cara menurunkan berat badan pria tanpa olahraga versi Menspire.id. Sudah siap untuk mengubah lifestylemu jadi lebih sehat?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *