fbpx
personal trainer
Kesehatan dan Fitness,  Uncategorized

Ikutin Tips Fitness Ini Biar Kamu Bisa Konsisten Ngegym !

Biasanya setiap tahun baru, banyak orang-orang yang mutusin untuk berkomitmen untuk ngegym. Tujuannya macam-macam, ada yang mau jadi sixpack, ada yang mau gedein badan, ada juga yang mau kurus. Tapi biasanya komitmen-komitmen tersebut cuma tahan beberapa hari di awal dan pada akhirnya, komitmen-komitmen tersebut hilang di tengah jalan seperti ditelan bumi gitu deh. Hal yang paling penting ketika kamu mau mulai ngegym adalah motivasi dan komitmen biar kamu bisa konsisten melakukannya. Biar motivasi kamu tambah kuat untuk memulai ngegym, Simak nih 6 Tips fitness dari Menspire biar kamu jadi konsisten ngegym !

7 Tips Fitness ala Menspire

1. Ketahui Alasannya

ricardo

tips fitness (via knowyourmeme.com)

Sebelum kamu memutuskan untuk mulai ngegym. Kamu harus tau dulu, kenapa kamu mau ngelakuin itu. Apa target yang mau kamu capai, dan kira-kira bisa tercapai dalam waktu seberapa lama? Kalau alasan kamu untuk ngegym kurang kuat, motivasi nya perlahan – lahan pasti akan pudar deh. Coba mulai untuk set dulu goal kamu itu apa, gimana cara mencapainya, dan apakah kamu mau membayar “harga” untuk mencapai goal kamu tersebut ? Kalau kamu sudah yakin dengan goal kamu tersebut, maka langsung aja lakukan !

2. Harus Realistis

realistic fitness ( via stpetersburg-9thave-youfit.com)

Bukannya mau bikin kamu pesimis, tapi target yang kamu udah set sebelumnya harus realistis ya. Misalnya kamu menetapkan target kamu harus bisa sixpack, tapi setiap hari kamu lembur terus dikantor engga sempet ngegym. Daripada kamu paksain malem-malem ngegym, kecapean, lalu tipes, mendingan kamu re-set aja goal kamu biar lebih gampang kamu capai. Jadi biar kamu konsisten ngegym, kamu harus punya goal yang realistis dan memungkinkan untuk kamu capai ya, disesuaikan dengan kesibukan dan prioritas kamu biar kegiatan harian kamu engga berantakan!

3. Lakukan Sekarang

just do it (via youtube.com)

Penyakit yang paling sering terjadi sesaat sebelum ngegym adalah : masih ada besok, nanti aja deh, duh males. Biar hal-hal ini gak terjadi, maka jangan pernah biarin diri kamu kalah dari excuse-excuse tersebut. Sekalinya kamu ngelakuin excuse itu, percaya deh, besok-besok bakal terulang lagi. Jadi ya walau males, tetep paksain aja. Inget ! Kamu udah set goal, goal nya achievable lagi. Kalau kamu ga ngelakuin ini sekarang. Gimana goal nya mau tercapai. Mau jadi kayak tahun lalu ?  

4. Komitmen

tips fitness

fitness men (via menshealth.com)

Tips fitness selanjutnya adalah komitmen ! Setelah kamu tau apa goal kamu yang memungkinkan untuk kamu capai. Kamu harus berkomitmen tuh untuk ngelakuin hal itu. Ciptakan program fitness yang sesuai sama kamu, yang enjoyable buat kamu sehingga kamu gak merasa terbebani setiap pergi ke Gym. Setiap kali kamu merasa males untuk pergi ke gym, inget , kamu sudah berkomitmen untuk berubah, kamu punya goal yang harus kamu capai !

5. Pastikan Apa yang Kamu Lakukan Sudah Benar

personal trainer

personal trainer (via theptdc.com)

Kamu harus memastikan nih apa yang kamu lakukan di gym sudah sesuai atau belum dengan goal yang kamu set diawal. Misalkan kamu mau membentuk otot, maka jangan menghabiskan waktu dan energy terlalu lama untuk cardio di treadmill, tapi kamu harus latihan menggunakan beban biar otot kamu terbentuk. Simpelnya kamu bisa cek di google untuk program latihan apa yang cocok untuk mencapai goal kamu.  Kalau kamu punya uang lebih, sewa personal trainer boleh jadi pilihan buat ngarahin latihan kamu agar sesuai dengan goal yang kamu set diawal.

6. Kontrol Asupan Nutrisi

NUTRITION tips fitness

makanan bernutrisi (via fit-plans.com)

Ada yang bilang, kalau diet itu 80% dari makanan, 20% dari olahraga. Biar hasil dari goal yang udah kamu tetapkan sebelumnya bisa keliatan, maka latihan kamu di gym harus diimbangi dengan nutrisi yang sesuai juga dengan goal kamu. Misalnya kamu mau meningkatkan massa otot, kamu harus konsumsi lebih banyak protein. Kalau kamu mau mengurangi berat badan, maka kamu harus melakukan defisit kalori ( mengurangi asupan kalori harian ), kalau kamu mau membesarkan badan, maka kamu harus surplus kalori ( meningkatkan asupan kalori harian) tapi tetap dengan memperhatikan makanannya ya ! Harus yang memiliki nutrisi dan gizi yang seimbang !

7. Konsumsi Suplemen Apabila Diperlukan

gainer tips fitness

gainer (via mrsupplement.com)

Kalau kamu mau hasil yang lebih cepat dan maksimal, mengkonsumsi suplemen fitness bisa jadi salah satu pilihan nih. Kalau kamu mau membentuk otot, kamu kan butuh asupan protein yang banyak banget, suplemen whey protein bisa jadi salah satu alternatif buat sumber protein karena praktis dan kadar proteinnya tinggi. Kalau kamu mau membesarkan badan, suplemen gainer bisa jadi pilihan kamu karena mengandung tinggi karbohidrat dan kalori. Suplemen fitness ini harganya relatif mahal dan fungsinya hanya untuk mempermudah kamu mendapatkan nutrisi dengan cepat. Jadi ya perlu enggaknya suplemen, tergantung dompet dan kebutuhan nutrisimu !

Baca juga : Tips Cara Menurunkan Berat Badan Pria Tanpa Olahraga


Udah segini aja yah, 7 Tips Fitness ala Menspire buat kamu biar konsisten ngegym. Semoga goalnya tahun ini bisa tercapai ya Gentlemen !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *