fbpx
Karir dan Keuangan

Investasi Sneakers : Investasi untuk Mahasiswa yang Sangat Menjanjikan

Sneakers buat Investasi untuk Mahasiswa?

Tren Sneakers memang sudah sangat melekat di kalangan masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Beberapa orang telah menjadikan sneakers sebagai bagian dari gaya hidupnya. Namun, siapa sangka sneakers mampu menjadi barang investasi yang menarik loh Gentlemen. Berdasarkan akun instagram @investsneaker, hingga pertengahan tahun 2019 ini terdata sembilan tipe sneakers yang mengalami kenaikan harga paling tinggi. Sneakers dengan merek Nike, Adidas, dan New Balance ini rata-rata mencatat kenaikan harga di atas 200%. Karena kenaikannya yang cukup signifikan, sneakers boleh nih jadi pilihan buat investasi untuk mahasiswa yang memang tertarik di dunia sneakers.

Jordan 5 Retro Trophy Room University Red F&F (via Stockx.com)

Kenaikan harga tertinggi dialami oleh sneakers Nike dengan tipe Air Jordan 5 yang berkolaborasi dengan The Trophy Room. Harga pasaran awal dari sneakers ini berada adalah US$ 200. Namun, kenaikan harganya saat ini telah mencapai 3.000% dengan harga resell di US$ 6.000. Sangat fantastis bukan kenaikannya?

Salah satu kolektor sneakers, Anugrah Aditya mengatakan bahwa sebenarnya investasi pada sneakers bukanlah suatu hal yang mudah. Orang-orang yang berinvestasi pada sneakers perlu diawali dengan kesukaan atau hobi mengoleksi sneakers. “Jangan tujuan awalnya beli sneakers untuk investasi karena perlu hobi juga untuk menikmatinya,” ujar Anugrah. Jadi memang sneakers ini merupakan investasi untuk mahasiswa yang sangat menjanjikan, tetapi kamu juga harus memiliki knowledge yang kuat tentang sneakers itu sendiri.

 

Sneakers investment (via www.channelnewsasia.com)

Untuk memulai investasi sneakers, kamu membutuhkan knowledge tentang sneakers itu sendiri agar dapat menentukan sneakers mana yang memiliki prospek yang baik untuk diinvestasikan karena tidak semua sneakers bisa menjadi barang investasi. Ia mengatakan bahwa sneakers yang bisa menjadi barang investasi ialah sneakers yang punya nilai historisnya.

Baca juga : 5 Film yang Wajib Ditonton Pria Sejati

Untuk saat ini, jenis sneakers yang memiliki nilai investasi ialah Nike Air Jordan 1 dan Adidas Yeezy. Dia mengatakan bahwa tingginya kenaikan harga pada sepatu Nike Air Jordan 1 adalah nilai historis yang menempel. Nike Air Jordan 1 identik dengan sepatu yang dipakai Michael Jordan saat pertama kali. Sedangkan untuk Adidas Yeezy bernilai tinggi karena menjadi produk kolaborasi dengan rapper Kanye West. “Ketika sepatu dikolaborasikan dengan fashion designer atau fashion brand harganya bisa naik,” ujar Aditya.

yeezy zebra investasi untuk mahasiswa

Yeezy 350 v2 zebra ( via stockx.com)

Sama halnya dengan investasi barang lainnya, investasi sneakers juga memiliki resiko. Risiko biasanya datang ketika suatu produk mengalami restock atau ketika hype dari sebuah sneakers tersebut sudah meredup. Seperti contoh Yeezy Zebra waktu pertama kali rilis harganya mencapai Rp 25 juta. Namun setelah mengalami restock sampai dua kali jadi turun ke harga Rp 5 juta. Banyak reseller yang pusing karena itu.

Kenaikan dari harga sneakers terbilang berbeda-beda dari setiap jenis sepatu, tergantung pada tipe, warna, dan nilai historis dari sneakers itu sendiri. Ada jenis sepatu yang bisa naik beberapa kali lipat sesaat setelah release, ada pula yang membutuhkan waktu yang lama untuk harganya naik, ada juga yang bukannya nilainya naik, nilainya stagnan atau yang lebih parah, nilainya menurun.

investasi untuk mahasiswa

Jordan 1 x Travis Scott Cactus Jack (via lesitedelasneaker.com)

Sneakers yang termasuk memiliki kenaikan harga yang tinggi yang baru-baru ini release adalah Nike Air Jordan 1 x Travis Scott Cactus Jack. Saat awal release, harga resell nya sudah sudah mencapai Rp 9 juta. Sampai saat ini, harganya sudah mencapai Rp 34 juta.

Cara Mengetahui Market Price Sneakers

investasi untuk mahasiswa

Jordan 1 retro (via stockx.com)

Untuk mengetahui market price sneakers dan melakukan riset kira-kira sneakers mana yang mau kamu investasikan, sebelum kamu mulai membeli sneakers tersebut, kamu harus melakukan riset harga pasar terlebih dahulu. Kamu bisa mengecek websitewebsite marketplace sneakers seperti  kickavenue.com (local sneakers marketplace) atau stockx.com ( worldwide sneakers marketplace), kamu juga dapat mengecek harga di online shop sneakers instagram yang menjual sneakers untuk mengumpulkan lebih banyak informasi.  Sebagai contoh: Sneakers Jordan 1 High berdasarkan website stockx.com memiliki value resell yang cukup tinggi. Contoh diatas adalah salah satu sneakers Jordan 1 high dengan colorway Fearless UNC Chicago yang memiliki margin $115 dari harga retail sepatu tersebut. Jadi dapat ditarik kesimpulan : apabila kedepannya terdapat release Jordan 1 High dengan colorway apapun, kamu dapat membeli sneakers ini untuk diinvestasikan. 

Cara Mendapatkan Sneakers dengan Harga Retail

Antrian sneakers (via kumparan.com)

Jika kamu ingin serius mendapatkan pundi-pundi uang dari investasi sneakers dan menginginkan keuntungan yang besar, maka tentu saja ada harga yang perlu kamu bayar. Untuk sneakers – sneakers eksklusif yang memiliki nilai resell tinggi, biasanya retailers seperti Our Daily Dose (ODD), Seek, Hide, Adidas, Hoops, dan Nike memiliki sistem tersendiri sewaktu release seperti: First Come First Serve ( FCFS), raffle, dan online raffle. Setiap pembeli harus  mengantri ( biasanya dari malam hari 1 hari sebelum waktu release) dan hanya diperbolehkan membeli 1 pair per orang. Sehingga apabila kamu ingin mendapatkannya kamu harus rela menginap di mall karena biasanya antrian sudah dibuka dari malam hari. Mengingat peminatnya yang sangat banyak dan jumlah stocknya yang sedikit, untuk secure sneakers kamu, kamu harus rela bermalam di mall tersebut.

Jadi itu Gentlemen, sekilas tentang investasi sneakers yang cocok jadi investasi untuk mahasiswa. Menarik bukan ? Tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *