fbpx
Hubungan

10 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Menumbuhkan rasa percaya diri merupakan sebuah hal yang penting di dunia modern ini, susah untuk sukses bagi seseorang yang tidak memilikinya. Tak ada orang yang lahir tanpa urat malu ke dunia ini, sebuah kritik negatif dari atasan, atau komentar online dapat merubuhkan rasa percaya diri seseorang, tidak hanya faktor eksternal, tetapi kritik internal dari diri kita sendiri pun dapat berdampak lebih buruk.

Kita tidak akan mendengarkan seseorang mempresentasikan sesuatu ketika dia gagap dan gemetar, kebalikanya, kita gampang sekali dibujuk oleh seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Kabar baiknya, menumbuhkan rasa percaya diri dapat dipelajari dan berikut ini sepuluh cara menumbuhkan rasa percaya diri versi menspire.

Jaga penampilan

Via: Askmen

Berpenampilan menarik dapat meningkatkan rasa percaya dirimu mandilah sebelum bepergian, rajin-rajinlah bercukur, dan pakailah pakaian yang menunjukan karaktermu, bukan berarti pakaian yang mahal, tahu bagaimana terlihat rapih dan baik sudah lebih daripada cukup. Pria yang menjaga penampilannya menunjukan bahwa dia perhatian terhadap hal-hal yang kecil dan dapat mengatur waktu untuk dirinya sendiri. Orang lebih memilih berinteraksi dengan seseorang yang bersih ketimbang mereka yang berbau tidak harum.

Gunakan Bahasa Tubuh Yang Baik

Via: London Sock Company

Memiliki Bahasa tubuh yang baik dan menarik dapat meningkatkan rasa percaya diri dengan memberikan kesan kamu adalah seseorang yang bisa dipercaya, orang akan lebih muda menyapamu dan memulai interaksi. Jalan tegap, senyum, dan gelantungkan tanganmu dengan nyaman. Siapa yang ingin berinteraksi dengan orang yang melipat tangan, memasang muka cemberut sepanjang hari. Pelajari gerakan tubuh substil, seperti kemana kaki menunjuk, tangan bergerak, dan mata memandang. Mengerti ekspresi-ekspresi mikro seperti ini dapat membuatmu mengetahui momen yang tepat untuk melakukan sesuatu.

Berolah-raga

Via: Harvard Health

Di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang sehat, begitulah kata peribahasa, dengan olahraga kita akan memiliki bentuk tubuh yang lebih baik dan energi yang lebih tinggi, sehingga hal yang membuat rasa percaya diri kita rendah-pun berkurang. Dilain itu, berolahraga dapat membantu daya ingat dan fokus ketika belajar atau bekerja, meningkatkan performa kita sehingga mengalihkan pikiran negatif kita dari rasa cemas dan depresi, energi yang dikuras saat berolahraga tak akan dapat digerogoti rasa khawatir ketika kita sampai di rumah, memberikan waktu untuk beristirahat yang cukup untuk melakukan aktifitas di hari esok.

Lakukan Hal-hal Yang Membuatmu Takut

Via: Wallpaperweb

Kegagalan bukan musuh yang sesungguhnya, rasa takut akan kegagalan lah musuh yang sebenarnya. Berapa banyak orang yang menyesal tidak melakukan sesuatu di masa mudanya, setiap orang memiliki rasa takut terhadap sesuatu tetapi ketika kamu sadar bahwa tujuanmu bernilai lebih penting dibanding hal yang kamu takuti, yakinlah kalau hal-hal yang kamu takuti bila ditatap langsung tidak akan memiliki arti. Rasa percaya diri akan bertumbuh ketika kamu mengatasi semua rasa takut ini tantang dirimu untuk melakukan hal-hal yang menakutkan, melamar ke universitas atau tempat kerja yang kamu idamkan, berbicaralah di depan umum, bila gagal bangkit lagi hingga kamu berhasil lagian tidak ada salahnya mencoba.

Kelola cara berpikirmu

Via: Yoga Journal

Pikiran dapat menjadi alat atau senjata makan tuan tergantung cara kita mengelolanya, komentar paling tajam datang dari diri kita sendiri segala hal bila tidak disaring dapat merusak diri kita, ketika kita mengatakan kita tidak berguna, bertanyalah lagi pada dirimu secara rasional, apakah hal yang dikatakan itu benar adanya, tidakkah ada pencapaian-pencapaian yang kamu berhasil dapatkan sebelumnya. Sadar ketika kritik-kritik negatif ini keluar. Hargai dirimu, untuk setiap bentuk tubuhmu yang kamu benci, carilah bagian yang kamu suka. Gunakan taktik merasionalisasikan sesuatu dalam memuji dirimu juga, ganti pernyataan aku seseorang yang gagah menjadi apa yang membuat diriku gagah apakah itu penampilan, cara berbicara, atau nilai moril, dengan begini kamu akan mendapatkan unsur-unsur yang lebih berharga dari hasil analisamu yang bisa diaplikasikan dimana saja.

Bangun Prinsipmu

Via: Overeaters Anonymous

Dalam hidup banyak yang akan berusaha menjatuhkanmu, maka memiliki prinsip yang tak tergoyahkan itu penting. Bayangkan apa yang akan dilakukan versi lebih baik dirimu apakah itu benar untuk kebaikan Bersama, pilih tokoh-tokoh yang menginspirasimu apa yang akan mereka lakukan di situasi tertentu. Mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk itu penting khususnya disaat dilanda dilema. Dengan adanya sistem kepercayaan yang kokoh kamu akan dapat mengambil keputusan dengan cepat tanpa menyia-nyiakan waktu. Seseorang dengan prinsip yang kokoh, lebih dipandang oleh orang lain.

Tahu Kelebihanmu

Srength and weakness text on asphalt ground, feet and shoes on floor, personal perspective footsie concept

Musuh terbesar seseorang adalah dirinya sendiri jadi kenalilah dirimu dengan baik, apa kelebihan, dan apa kekuranganmu. Mulailah berpikir apa yang dapat kamu lakukan dengan baik, apa saja hal-hal yang dipuji oleh orang lain, Kamu tidak akan mengikuti lomba lari bila kelebihanmu adalah berhitung. Kenali apa yang kamu hadapi dan situasi mana yang kamu harus hindari. Mengetahui kekuranganmu juga penting untuk memperbaiki dan mempersiapkanmu dengan situasi-situasi yang mungkin bisa terjadi. Bila kamu diharapkan untuk mempresentasikan hasil kerjamu dan berbicara di depan publik adalah kelemahanmu, tidak ada salahnya berlatih di depan cermin sehari sebelum kamu tampil

Tentukan Tujuanmu

Via: Britannica

Sudah rahasia umum bahwa rasa percaya diri tumbuh berbanding sama dengan keberhasilan yang dicapai. Tidak usah mematok setinggi bulan, bagilah tujuanmu menjadi potongan-potongan kecil yang realistis, bila ingin membeli mobil mulailah dengan menyisihkan uang sedikit demi sedikit. Ketika tujuan kecilmu sudah tercapai, perlahan tingkatkan ke tujuan yang lebih besar, maukah itu membeli rumah, atau menjadi pemilik perusahaan. Mulai dari hal-hal yang kecil dengan setiap kemenangan itu rasa percaya dirimu akan dibangun. Bertumbuh butuh waktu, jadi nikmati hal-hal kecil yang dapat kamu lakukan dahulu sebelum melakukan sesuatu yang besar.

Dahulukan Apa Yang Penting Untukmu

Via: City of Los Altos

Salah satu hal yang paling menghancurkan adalah mengorbankan tujuan jangka Panjang untuk kenikmatan sesaat. Sering kita mengundur-ngundur waktu ketika ingin berolahraga untuk mengurangi berat badan, menonton film ketika waktu ujian masuk universitas sudah dekat. Fokuslah ke tujuan utamamu, untuk mengurangi berat badan tentu kamu harus mengurangi camilan, dan masuk ke universitas impianmu kamu harus mengurangi waktu bermain. Untuk setiap tujuan pasti ada hal yang dikorbankan tetapi pada akhirnya semuanya pasti terbayar ketika kamu mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Bantu Orang Lain

Via: Medium

Menebar kebaikan tidak ada harganya, dan keuntungannya dirasakan semua orang. Cobalah bantu orang-orang disekitarmu dengan keahlianmu, bila kamu mahir bermain musik, ajarilah temanmu. Tidak hanya hal itu akan membantunya mempelajari musik, tetapi juga memperkuat dasar musikmu, membuat seseorang percaya pada dirinya dapat meningkatkan rasa percaya diri kita juga. Cobalah terapkan hal ini dan lihat seberapa banyak rasa percaya dirimu meningkat. Hal ini mengalihkan fokusmu dari dirimu terhadap orang lain, dan membuatmu percaya bahwa kamupun dapat membuat perubahan dengan hal-hal yang kecil.

Ingin tahu cara menurunkan berat badan? baca juga 6 tips cara menurunkan berat badan tanpa berolahraga

Referensi:

https://www.forbes.com/sites/francesbridges/2017/07/21/10-ways-to-build-confidence/#7cc173c43c59

https://www.entrepreneur.com/article/281874

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *