fbpx
Olahraga

Olahraga Kardio Dapat Membakar Lemak Hanya Dalam 30 Menit

Jenis olahraga yang cocok untuk mewujudkan badan ideal itu adalah dengan berolahraga kardio. Olahraga kardio adalah olahraga untuk meningkatkan detak jantung, di mana jantung tersusun dari otot-otot. Otot-otot ini harus bergerak supaya lebih kuat. Bila otot jantung kamu kuat, maka pembuluh darah kamu dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat sehingga dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

Manfaat dari olahraga kardio diantaranya adalah dapat menghasilkan pergerakan otot yang lebih banyak selama periode waktu yang berkelanjutan untuk menjaga detak jantung kamu setidaknya 50% dari tingkat maksimumnya. Selain itu, manfaat olahraga kardio dapat memperkuat jantung dan paru-paru, meningkatkan kekuatan tulang, mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan yang paling penting adalah menghilangkan lemak.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin berolahraga kardio. Karena jika kamu melakukannya degan tidak benar dapat meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh dan tidak membuat tubuh memproduksi hormon anabolik yang mendorong pertumbuhan, perbaikan, dan pembakaran lemak sehingga tidak ada homon lain yang dihasilkan untuk mengkompensasi dampak buruk dari produksi hormon kortisol ini.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menghilangkan lemak perut, sebaiknya lakukan olahraga selain kardio yang lebih efektif dalam membasmi lemak perut.

Berikut macam-macam olahraga kardio yang bisa kamu lakukan untuk membakar lemak hanya dalam waktu singkat 30 menit beserta persiapan-persiapannya:

1. Jogging

Sumber: www.dbs.com

Di antara olahraga kardio lainnya, jogging merupakan salah satu yang termudah dan tersimpel karena hanya bermodalkan sepatu. Olahraga macam ini tidak mewajibkan kamu untuk menggunakan alat-alat seperti olahraga lainnya.

Walaupun demikian, persiapan yang harus dilakukan olahraga ini juga tidak boleh dianggap remeh.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan secara seksama supaya menghindari kamu dari cedera dan lainnya:

a. Memakai sepatu running. Hal ini penting supaya ketika kamu berlari nanti kakinya akan lebih fleksibel dan tidak terluka akibat pergerakan gesekan antara kakimu dengan sepatu. Karena jika saja misalkan kamu malah menggunakan sepatu sneakers nantinya bukan hanya membuat sepatu sneakers kamu rusak tetapi juga diri kamu sendiri.

b. Pemanasan. Melakukan pemanasan sebelum jogging itu sifatnya wajib karena hal tersebut tidak berlaku pada olahraga ini saja melainkan juga terhadap semua jenis atau macam olahraga. Ibarat bagi kamu yang akan mengikuti ujian harian di sekolah pada esok harinya, jika tidak belajar dulu maka kamu akan merasakan kesulitan dalam mengerjakan soal.

c. Makan. Jika perut kamu kosong sebelum melakukan jogging diharapkan makan terlebih dahulu. Olahraga dengan perut kosong itu juga tidak baik pada lambung dan akan berefek sakit dan mual terhadap diri kamu sehingga menyebabkan kamu ingin muntah di tengah-tengah ketika sedang ber-jogging.

d. Membawa air mineral. Sudah pada hakikatnya manusia itu harus minum dalam melakukan setiap aktivitas, terutama saat sedang berolahraga.

2. Sepeda

Sumber: www. doktersehat.com

Sepeda juga merupakan olahraga kardio. Selain digunakan untuk rekreasi dapat membuat tubuh bergerak aktif. Lakukan minimal 2,5 jam/minggu atau 30 menit setiap hari secara rutin akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum kamu mulai bersepeda:

a. Periksa sepeda kamu. Pastikan kamu sudah memeriksa semua komponen dalam sepeda kamu mulai dari rem, hingga kondisi ban. Membiarkan salah satu bagian sepeda kamu tidak berfungsi bisa membuat risiko cedera.

b. Kenakan pelindung kepala, sikut, dan lutut. Bagian ketiga anggota tubuh tersebut merupakan bagian-bagian yang rentan terluka jika kamu jatuh. Jadi alangkah baiknya jika anda menggunakan peralatan-peralatan pendukung jika ingin melakukan olahraga bersepeda.

c. Jaga bersikap berkendara. Jangan bermain-main ketika berkendara sepeda. Keamanan dan kenyamanan dalam bersepda merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh pengendara. Seperti misalkan jika jalanan tidak menyediakan trek khusus sepeda jangan menyerobot hak pejalan kaki. Atau melepas kedua tangan dari kedua grip sepeda untuk rileks atau pamer. Hal tersebut sangat berbahaya karena dapat memudahkan kamu untuk terjatuh ketika bersepeda.

3. Treadmill

Sumber: www.oprah.com

Pada idealnya olahraga kardio ini harus dilakukan minimal 30 menit agar kalori yang terbakar cukup optimal. Dilakukan dengan menjaga tempo dan ritme lari dimulai dari jalan pelan terlebih dahulu lalu berlari kemudian.

Persamaan dari kedua olahraga antara jogging dan treadmill ialah sama-sama berlari. Tetapi yang membedakannya adalah pada cara dan alat. Jogging tidak memerlukan alat yang spesifik untuk dapat melaksanakannya, cukup hanya bermodalkan sepatu running dan dilakukan secara outdoor. Sedangkan berlari yang menggunakan alat treadmill disebut juga olahraga treadmill dan dilakukan secara indoor karena tentunya alat tersebut memerlukan tenaga listrik untuk bisa berfungsi.

Persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan olahraga treadmill sama dengan olahrga jogging seperti makan terdahulu, menyiapkan air mineral, memakai sepatu running, dan sebagainya.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan olahraga treadmill. Di antaranya adalah:

a. Berdiri tegak dan pandangan ke depan. Kebanyakan orang cenderung mengarahkan pandangan mereka ke bawah untuk melihat pergerakan kaki ketika sedang berlari. Hal ini salah karena dengan begitu konsentrasi dan keseimbangan kamu akan buyar sehingga dapat berpotensi untuk jatuh dari treadmill ketika sedang berlari. Oleh karena itu, posisi yang baik adalah tetap berdiri tegak dan pandangan ke depan.

b. Beri jarak dengan monitor. Jika posisi kamu sangat dekat monitor itu tidak baik karena dengan ini bisa membatasi ruang gerakanmu karena berdiri dekat monitor akan merubah postur tubuh untuk gerakan maju dan mundur. Sehingga, tubuh bagian pinggulmu akan lebih condong kebelakang. Jika ridak segera diperbaiki, maka keseimbanganmu akan goyah.

c. Posisi lengan tetap di samping tubuh. Berpegangan pada treadmill memang kerap dilakukan banyak orang dengan alasan menyeimbangkan diri. Namun, yang ada malah mengurangi beban kaki sehingga kalori yang terbakarpun menjadi lebih sedikit. Selain itu, berpegan pada sisi treadmill akan mengubah postur tubuhmu dan menciptakan rasa tegang di bagian otot leher, bahu, dan lengan. Oleh karena itu posisi lengan kamu harus tetap di samping tubuh.

d. Menjaga kestabilan dan keseimbangan posisi kaki. Melangkan dengan jarak pendek namun cepat terbukti lebih baik dibandingkan dengan melangkahkan kaki terlalu jauh. Dengan jarak kaki yang lebih pendek, maka konsentrasimu akan lebih baik dan lebih maksimal dalam membakar kalori. Disisi lain, melangkah terlalu jauh bisa menganggu konsentrasi, mengganggu keseimbagan dan akhirnya terjatuh.

4. Renang

Sumber: www.romadecade.org

Sama seperti olahraga jogging bahkan lebih simpel lagi karena olahraga renang tidak memerlukan alat-alat yang spesifik demi menungjang kebugarannya tetapi bahkan hanya bermodalkan pakaian renang saja sudah cukup.

Olahraga renang itu merupakan upaya untuk mengapung dan tenggelam ke dalam dan luar permuaan air. Olahraga renang adalah olahraga kardio yang menyehatkan, sebab hampir semua otot tubuh bergerak sehingga seluruh otot berkembang dengan pesat dan kekuatan perenang bertambah meningkat.

Ada beberapa tips bagi kalian yang ingin melakukan olahraga renang agar lebih optimal.

a. Pemanasan. Agar badan tidak kaget atau juga untuk menghindari kram otot maka sebelum berenang dianjurkan untuk melakukan pemanasan. Pemanasan juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap, termasuk latihan untuk tubuh bagian atas perenang.

b. Membuat diri nyaman di dalam air. Beberapa langkah yang perlu dilakukan agar merasa nyaman dan melatih keberanian di air antara lain: Merendam tubuh sebatas leher, kemudian membasahi muka dengan menggunakan kedua tangan secara berulang-ulang. Setelah itu, mengambil posisi duduk di dasar kolam dengan kepala terletak di permukaan air dan kedua tangan diletakkan di samping kiri dan kanan paha. Terakhir, bergerak melompat di tempat dengan kedua kaki dirapatkan dan ketinggian rendah secara berulang-ulang.

c. Melatih pernapasan. Melatih pernapasan merupakan salah satu tahap penting untuk melatih cara berenang yang baik dan benar bagi para perenang. Setiap perenang harus mengetahui kapan waktunya menghirup atau mengembuskan udara. Beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam melatih pernapasan antara lain dengan mengambi napas panjang dan memasukkan seluruh anggota tubuh ke dalam kolam.

d. Belajar mengapungkan badan. Berenang dengan baik dan benar memerlukan kemampuan untuk cara berenang mengapung, baik telungkup maupun telentang. Langkah-langkah berikut adalah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan posisi apung dengan baik dan dibantu dengan partner untuk mengawali latihannya sebagai salah satu cara agar tidak tenggelam saat berenang.

e. Melakukan teknik meluncur. Ini adalah cara terakhir sebelum akhirnya kamu memulai berbagai gaya dalam olahraga renang. Tahap pertama untuk Teknik meluncur adalah memposisikan badan untuk berdiri tegak dengan kedua tangan rapat dan lurus ke atas. Lalu bungkukkan tubuh ke arah depan hingga dada sampai menyentuh permukaan air.

5. Lompat Tali

Sumber: www.okaydoc.com

Lompat tali merupakan olahraga kardio yang dapat membentuk otot bagian atas dan bawah, dan pada saat yang sama ia menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi, serta meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Lompat tali juga membakar lebih banyak kalori dibanding jumlah kalori yang terbakar ketika Anda berlari selama delapan menit. Bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan sambil melatih otot tubuh bagian atas dan bawah, lompat tali dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang baik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan olahraga ini, yaitu:

a. Tidak menderita nyeri lutut dan cedera akut pada kaki dan pergelangan kaki. Pastikan kamu sedang tidak menderita penyakit sepert ini karena jika kamu tetap bersikeras untuk melakukan olahraga lompat tali di saat kondisi kamu tidak baik akibatnya bisa sangat fatal.

b. Usahakan di lantai kayu. Harus dilakukan pada permukaan yang baik untuk memperoleh pendaratan yang ideal. Anda bisa melakukannya di lantai yang tidak licin atau lantai kayu, bukan tanah, beton, aspal, rumput, atau karpet. Permukaan lantai yang licin pada olahraga ini dapat menyebabkan cedera seperti kaki terkilir. Jika di dalam ruangan, pastikan langit-langit ruangan yang cukup jauh jaraknya dari kepala Anda ketika melompat (sekitar 25-30 cm).

c. Pemanasan. Melakukan pemanasan seperti jogging atau bersepeda selama 5-10 menit sebelumnya. Atau stretching otot.

d. Konsultasi Dokter. mengetahui batasan pergerakan dan kebugaran kardiovaskular yang ideal bagi kondisi tubuh Anda. Anda dapat bertanya mengenai detak jantung maksimum yang sesuai untuk melakukan olahraga ini. Pada pria dewasa sehat berusia 30 tahun detak jantung maksimal untuk olah raga ini adalah 150-160 kali per menit. Detak jantung maksimum akan berbeda bagi setiap usia.

e. Menyiapkan tali dan sepatu olahraga yang layak. Untuk pemula, pilihlah tali bermanik-manik plastik (beaded jump rope) karena lebih mudah dikendalikan dan terjaga bentuknya. Anda juga bisa menggunakan sepatu lari atau sepatu latihan yang bisa digunakan untuk segala jenis olahraga. Menentukan panjang tali yang benar adalah dengan cara menginjak bagian tengah tali dengan kedua kaki, sementara Anda memegang gagang tali hingga mencapai ketiak Anda. Anda bisa memendekkan talinya jika tidak menemukan tali yang panjangnya sesuai dengan tubuh Anda.

Demikian beberapa rincian 5 olahraga kardio yang dapat mengecilkan perut kalian beserta hal-hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum dan sesaat melakukan 5 olahraga kardio di atas. Jangan lupa untuk melakukan semua olahraga secara rutin dna juga asupan kamu agar hasil maksimal.

Lakukan juga olahraga sesuai kemampuan dan ketertarikan kamu, jangan melebihi batas porsi kemampuan berolahraga kamu karena jika dipaksakan nantinya justru akan berefek buruk.

Baca juga: https://www.menspire.id/5-film-yang-wajib-ditonton-pria-sejati/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *