fbpx
Terapi Musik
Hiburan,  Musik

Terapi Musik Terhadap Kecerdasan Otak

Musik itu merupakan susunan suara yang diciptakan sehingga menghasilkan irama atau lagu yang diproduksi melalui instrument musik tradiosional maupun modern dengan tempo yang beraturan. Bagi beberapa orang, mendengarkan musik itu sudah menjadi hobi atau bahkan rutinitas sehari-hari sehingga dalam menjalani kegiatan apapun itu harus sambil mendengarkan musik. Bagi sebagian besar orang musik adalah hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari, bahkan sudah menjadi bagian hidup. Tak hanya memberikan ketenangan, musik sering kali juga mentransfer energi. Ini menjadi refleksi dari pengobatan diri melalui musik yang biasa disebut terapi musik.

Manusia pada umumnya suka mendengarkan musik. Tapi, sebagian besar mereka tidak menyadari bahwa musik yang mereka dengarkan bisa mempengaruhi tubuh dan pikiran mereka. Mereka juga tidak tahu bahwa musik dan gelombang suara dengan frekuensi yang tepat bisa mengatasi masalah dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Apa Itu Terapi Musik?

Terapi Musik
menspire.id

Buat para gentlemen yang belum tahu apa itu terapi musik, terapi musik adalah keahlian menggunakan musik atau elemen musik oleh seorang terapis untuk meningkatkan, mempertahankan dan mengembalikan kesehatan mental, fisik, emosional dan spritual. Dalam kedokteran, terapi musik disebut sebagai terapi pelengkap (Complementary Medicine). Jenis musik yang digunakan dalam terapi musik dapat disesuai dengan keinginan, seperti musik klasik, intrumentalia, slow music, orkestra, dan musik modern lainnya. Kualitas hidup Anda, tergantung oleh kualitas pikiran Anda. Dan pikiran yang berkualitas dihasilkan oleh kerja otak yang optimal.

Terapi musik juga telah digunakan untuk mengobati depresi, autisme, sindrom Asperger, dan bahkan gangguan stres pasca-kognitif. Terapi yang memanfaatkan musik sebagai perawatan melibatkan berbagai alat seperti instrumen, gambar, suara atau bahkan menulis lagu untuk menyelesaikan konflik. Dengan demikian, terapi musik secara efektif bisa membantu orang-orang dari segala usia.

Apa peran Terapi Musik terhadap Otak?

Terapi Musik
www.djarumcoklat.com

Banyak studi mengungkap bahwa musik dapat mempengaruhi mood atau perasaan masing-masing individu. Bukan hanya itu, bahkan musik dipercaya mampu meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan otak sejak dini.

Beberapa ahli menyarankan untuk tidak menggunakan jenis musik tertentu seperti pop, disco, rock and roll, dan musik berirama keras (anapestic beat) lainnya, karena justru jenis musik dengan anapestic beat (2 beat pendek, 1 beat panjang dan kemudian pause) merupakan irama yang bertolak belakang dengan detak jantung. Musik lembut dan teratur seperti intrumentalia dan musik klasik merupakan musik yang tepat digunakan untuk musik terapi.

Musik terapi juga bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan otak. Berdasarkan riset Bunda Atty, peneliti dan pemerhati teknologi otak, pada prinsipnya otak bekerja secara elektrikal dengan bertumpu kepada gelombang frekuensi. Sama seperti musik, dentingan, gesekan, dan nada-nada musik bermain di level gelombang frekuensi. “Otak bekerja dengan listrik yang diukur dengan frekuensi,” kata Bunda.

Ahli Psikologi klinis bidang Cognitive Behavioral Therapy, Dr. Emma Gray, dari The British CBT & Counselling Service, London, melakukan sebuah penelitian terhadap siswa yang mendengarkan genre musik klasik dengan pengaruh kinerja otak. Penelitian ini menemukan bahwa musik klasik yang didengarkan dalam sesi belajar, mampu merangsang dan meningkatkan konsentrasi juga kecerdasan otak terhadap materi yang diterima.

Siswa yang mendengarkan musik dengan beat (ketukan) 60 hingga 70 per menit, berhasil mencapai skor ujian Matematika 12 persen lebih besar. Melodi dan nada dalam musik klasik, seperti di Beethoven Fur Elise, diyakini membantu siswa untuk belajar lebih lama dan mampu mempertahankan materi lebih lama.

Manfaat-manfaat

  • Mengurangi Stres. Musik merupakan media mengurangi stres yang disukai banyak orang karena bisa mengurangi kecemasan dan menenangkan sehingga mampu mengurangi stres, ketegangan, atau kekhawatiran.
Terapi Musik
https://www.grid.id
  • Beradaptasi. Selain itu, kita dapat terhubung dan beradaptasi dengan mudah kepada irama. Apalagi otak kita berkembang pada usia dini untuk merespons dan memproses melodi dengan baik. Itu sebabnya, musik bertindak sebagai media yang kuat untuk mengalihkan pikiran, tubuh, dan otak kita, mengubah suasana hati, dan memengaruhi perilaku.
Terapi Musik
www.rencanamu.id
  • Tenang dan Nyaman.Musik juga sering digunakan oleh dokter untuk prosedur medis. Pusat perawatan juga kerap menggunakan musik untuk menenangkan dan memberikan rasa nyaman. Dengan cara tersebut, musik bisa mengatasi kekurangan di otak.
Terapi Musik
www.christianity.com
  • Penyembuhan. Musik juga membantu proses penyembuhan. Saat kita mendengarkan musik, otot-otot dalam tubuh bereaksi dengan cepat terhadap irama secara otomatis.
https://www.wildgingerapothecary.com/
  • Mudah Berbicara. Selain itu, menyanyikan notasi musik menggunakan koneksi saraf yang sama yang digunakan saat berbicara. Oleh karena itu, musik dapat secara efektif membantu anak-anak di usia mereka yang sedang berkembang untuk berkomunikasi dengan lebih baik atau membuat pasien stroke untuk berbicara lagi.
www.yukepo.com

Musik juga dipercaya terhubung dengan suasana hati yang cenderung membuat kita merasa bahagia, energik, santai, atau bahkan sedih. Ini juga menjadi alasan mengapa musik telah dipelajari sebagai media terapi.

Bagaimana musik menjadi sarana terapi kesehatan. Caranya bisa dengan kegiatan biasa, seperti mendengar musik sebelum tidur, di perjalanan, di ruang keluarga, dan ruang baca. Atau dengan aktivitas hipnoteraphy klinis. Artinya sugesti nilai-nilai positif masuk kedalam otak berbarengan dengan musik.

Baca Juga: https://www.menspire.id/perjalanan-kisah-sukses-one-ok-rock-menjadi-band-international-asal-jepang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *